DESAIN DATABASE DAN ERD (Entity Relationship Diagram)

DESAIN DATA BASE 

proses dalam  desain database

  • Analisis Prasyarat

      analisis itu berguna untuk memahami dan mengetahui data yang harus disimpan dalam database,aplikasi apa yang harus dibangun diatasnya,atau jinis operasi apa yanng akan digunanakan,dst.

  • Desain Database Konseptual

      informasi yang dikumpulkan pada tahap analisis pernyarat digunakan untuk mengembangkan deskripsidata tingkat tinggi. tahap ini sering dilakukan dengan menggunakan model E-R. Tujuan desain tersebut yakni untuk menciptkan gambaran sederhana tentang data yang mirip dengan pemikiran pengguna/user.

  • Desain Database Logika

Merubah skema E-R manjadi databe relasional. Tujuan desain tersebut yakni memperoleh skema konseptual pada model data relasional yangsering dinamakan skema logika.

  • Perbaikan Skema

Analisis sekumpulan relasi dalam skema database rasional untuk mengidentifikasi permasalahan yang muncul dan memperbaikinya

  • Desain Data Base Fisik

Tahapan ini mencakup pembuatan indeks pada beberapa tabel, mengelompokanbeberapa tabel atau melibatkan desain ulang yang substansial terhadap beberapa bagian skema database.

  • Desain Aplikasi dan Keamanan

Semua proyak perangkat lunak yang melibatkan sebuah DBMS harus mempertimbangkan aspek aplkasi yang berada diluar database.selanjutnya Enkripsi itu sendiri yaitu proses mengacak data sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak lain. Pada kebanyakan proses enkripsi, Anda harus menyertakan kunci sehingga data yang dienkripsi dapat didekripsikan kembali. Ilmu yang mempelajari teknik enkripsi disebut kriptografi. Gambaran sederhana tentang enkripsi, misalnya mengganti huruf a dengan n, b dengan m dan seterusnya. Model penggantian huruf sebagai bentuk enkripsi sederhana ini sekarang tidak dipergunakan secara serius dalam penyembunyian data.dan juga digital singnature yang biasa disebut tanda tangan digital yakni satu tandatangan elektronik yang dapat digunakan untuk membuktikan keaslian identitas pengirim dari suatu pesan atau penandatangan dari suatu dokumen, dan untuk memastikan isi yang asli dari pesan atau dokumen itu sudah dikirim tanpa perubahan. Tanda tangan digital dengan mudah dapat dipindahkan, tidak bisa ditiru oleh orang lain, dan dapat secara otomatis dilakukan time-stamp. Kemampuan itu untuk memastikan bahwa pesan asli yang tiba di pengirim tidak bisa dengan mudah diganti. Suatu tanda tangan digital dapat digunakan di segala macam pesan, apakah itu terenkripsi atau tidak, sehingga penerima dapat memastikan identitas pengirim itu dan pesan tiba secara utuh. Suatu sertifikat digital berisi tanda tangan digital dari sertifikat yang mengeluarkan otoritas sehingga siapapun dapat memverifikasi bahwa sertifikat itu adalah nyata.

ERD (Entity Relationship Diagram)

Merupakan Suatu diagram yang dipakai untuk mendokumentasikan data dengan mengidentifikasikan jenis entitas dan hubungannya Dan ERD juga merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.

tiga simbol yang biasanya digunakan di ERD, yaitu :

  • Entity

Entity merupakan objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain ada juga Entity set yang merupakan kumpulan dari entity yang sama atau sejenis Simbol dari entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang.

Contoh simbol:

  • Atribut

berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips.

contoh simbol:

  • Kardinalitas Relasi

Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda.

Relasi dapat digambarkan sebagai berikut :

1). Satu ke satu (One to one) 1:1

Hubungan relasi satu ke satu yaitu setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B.

2). Satu ke banyak (One to many) 1:N Atau M:1

Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, tetapi setiap entitas pada entitas B dapat berhubungan dengan satu entitas pada himpunan entitas A.

3). Banyak ke banyak (Many to many) M:N

Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B.

Contoh ERD (Entity Relationship Diagram)

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s